December 22, 2011

Intermezzo di hari ibu tentang ibu cantik

Setelah gua baca blog dari Bang Alitt tentang "Kawan, Lihatlah Gue Dari NOL.." dan "Mamaku Seorang Penjual Jamu", ga sengaja dibawah mata gua ternyata basah. Taunya, ada cicak pipis dari atas. oke ini nangis. Kisah gua sama dia gak jauh beda. Dari kecil gua dibesarkan tanpa kedua orangtua yang lengkap (baca: pisah). Iya, sejak jamannya gua masih dalam kandungan berwujud janin sampe sekarang gua udah kuliah, gua belom pernah ngerasain kasih sayang seorang bapak. Hmm bagaimana sih kawan punya seorang bapak itu? Kadang gua suka envy sama kawan-kawan gua yang punya orangtua lengkap, apalagi kalo gua lagi maen ke rumah temen. Rasanya gua pengen manjat padi tau ga!! Iya, padi. Emang kenapa kalo padi? suka-suka gua ya..
Tapi yang lebih sakit hati itu ya ibu gua. Dikhianatin sama suami, ibu gua waktu lahirin gua aja, dia ga nemenin. Coba deh liat orang lain, seorang istri yang mau ngelahirin pasti suaminya bakal khawatir, riweuh, nemenin, blablabla. Terus ibu ngebiayain keluarga sendirian. Ibu gua seorang guru bahasa indonesia di SMP. Gaji seorang guru itu ga seberapa jaman dulu, gak kayak sekarang udah ada sertifikasi dan tetek bengek lainnya sehingga gaji bisa double. (ibu gua sekarang udah pensiun). Rugi kan, yang pensiun duluan, padahal sebelumnya ibu udah ikut sertifikasi, dan itu lolos. Cuma ga sama aja sama yang masih jadi guru.

Ini foto ibu ketika beliau masih mengajar. Diambil pada sa
at ibu mau berangkat ke sekolah tahun 2009 lalu.
Tapi ibu bisa manage itu semua, beliau ngumpulin duit,nabung buat bekal anak-anaknya nanti. Ibu juga bela-belain kalo anak-anaknya butuh sesuatu atau pengen sesuatu pasti diturutin, sedangkan kalau beliau yang butuh atau pengen sesuatu pasti bakal mikir-mikir dulu.
Ibu itu penuh pengorbanan dalam mengurus keluarga. She is a SINGLE FIGHTER PARENT.
Beliau ga mau nyusahin anak-anaknya. Hal sekecil apapun, jika be
liau bisa melakukannya pasti akan dilakukan.
Itu semua sebelum beliau kecelakaan.

Sekedar intermezzo aja, besok itu tepat 2 tahunnya ibu kecelakaan. tanggal 30 desember 2009. iya, ibu gua kecelakaan motor dengan elf, ibu dibonceng sama the rebellious son, maksudnya kakak gua, lo gausah tanya kenapa gua ngasih julukan the rebellious son.
emang udah trennya mungkin, yang dibonceng biasanya le
bih parah. ibu gua mengalami cedera di kaki sebelah kanannya. tulang rawan yang ada di lutut ibu itu copot, beliau dioperasi 2kali, pertama kaki bagian bawah dan yang kedua lutut lalu dipasang pen. setelah dirontgen bagian lutut itu ada yang bolong karena tulang rawan yang copot tadi, dan sedikit remuk. ibu gua dirawat di rumah sakit hampir sebulan, malam tahun baruan pun kita pada nginep di rumah sakit. gua jadi terbiasa dengan rumah sakit sejak itu. tiap hari gua nginep di rumah sakit nemenin ibu, pulang sekolah kadang sahabat-sahabat gua ikut ke rumah sakit, besuk ibu.
saat itu kondisi ibu gua sangat memprihatinkan, kaki kanannya bengkak,diperban, keluar darah kotor terus bekas dioperasi, ga bisa tidur, ga mau ma
kan, mau buang air pun susah. sempet gua kesel sama yang diatas, kenapa mesti ibu gua yang mengalaminya, kenapa kakak gua cuma lecet di bagian jempol kakinya doang. ga adil. kayak kecelakaan ini tuh direncanain. ga tau gua ga bisa nerima. ga bisa ati-ati sih pake motornya, jangan nyelip kek! udah tau bonceng ibu, pelan-pelan kan bisa. ga sama kayak cara lo lagi ngebonceng cewek lo, yang bisa gelayutan. heuh!

selama ibu gua masa penyembuhan di rumah, ibu gua ga
bisa ngapa-ngapain, mau buang air mesti di pispot, mandi cuma dilap pake handuk basah aja. dan pusingnya bukan main, kalau ibu gua ga mau makan. gimana mau sembuh kalo ibu ga mau makan.
pelan-pelan gua ajarin ibu jalan lagi, lumayan lama buat ibu belajar pake tongkat, dan akhirnya ibu bisa, udah bisa ke kamar mandi, udah bisa jalan d
i dalam rumah deh. lalu ibu pengen nyoba ga pake tongkat, awalnya tangan ibu melingkar di pundak gua, lalu gua pegang pinggang ibu secara melingkar juga, pelan-pelan ibu nyoba dan nyoba, pertama kaki ibu susah diangkat, dan karena ga bisa, ibu aku langsung nyerah, ga jarang ibu gua langsung nangis, mengeluh karena ga bisa-bisa. sampai pada saat setelah gua diterima di poltekkes, ibu gua mulai semangat lagi. karena mungkin beliau bakal ditinggal pergi kuliah kali yah. gua juga ikut semangat, ngelatih ibu gua jalan. sambil becandain ibu, biar ibu gua ketawa. tepat tanggal 23 juli 2011 ibu gua bisa jalan tanpa gua lepas. ekspresi ibu gua seneng banget, ga nyangka, dan gua pun ikut seneng sambil terus candain ibu gua. dan tau ga sih tanggal 23 juli itu adalah 2 hari sebelum gua pra-ospek di poltekkes, dan gara-gara itu gua mesti ngekost, karena nyiapin keperluan buat ospek.

ini foto ibuku minggu pagi, rencananya mau jalan-jalan pagi car free day tapi ujung-ujungnya cuma keliling sekitar rumah.

pelajaran buat kita semua. jika kita ingin bisa. maka bukan hanya dengan usaha aja, tetapi harus dengan keyakinan, dorongan, dan semangat dari kita.

yah walaupun jalan ibu ga senormal kayak sebelum be
liau kecelakaan, tetapi kita seneng.

ini foto ibu dan gua lagi nongkrong di teras rumah, heheoya, kebiasaan gua sama ibu yang mungkin jarang dilakukan orang lain setiap saat adalah komunikasi. iya setiap hari kalo gua mau pergi ke kampus (pulang pergi kuningan-cirebon) mau pas berangkat, istirahat, atau mau pulang, kita selalu ngasih kabar. kalo nggak ibu duluan yang sms, ya gua yang sms. ibu kalo sms duluan suka nanya, neng udah di elf? udah sampe mana? ati-ati ya neng, yang rajin, supaya jadi orang sukses, blablabla, terus kalo lagi istirahat, ibu nanya neng lagi istirahat? makan yuk cantik :) takut perutnya kembung. ibu juga mau bentar lagi. kalo mau pulang, neng udah selesai kuliahnya? ati-ati ya di elf, laptop segala macemnya jangan lupa. terus kalo aku yang sms duluan, suka sms bu, neng udah di elf, ibu ati-ati di rumah :) neng udah sampe poltekkes bu, blablabla. iya ibu duluan aja makannya, tenang aja ya bu. bu neng mau pu;ang, ibu mau beli apa bu?

ya, udah jadi kebiasaan buat kita, sampe-sampe gua hapal doa ibu buat gua di sms. selain itu ada 2 kata yang udah jadi trademark kita, jahaha ini nih "cumanget" dan "cun". 2 kata itu cadelnya kita, becandaan darisananya. yang berarti sumanget (basa sundanya semangat) dan sun (kata lain dari cium). kita berdua selalu nyantumin 2 kata itu. sebagai motivasi satu sama lain. kadang gua suka senyum sendiri di elf kalo baca sms dari ibu sambil ngebayangin ibu gua ngomong langsung, jadi pengen meluk +cium ibu kalo baca sms dari ibu suka kangen.

temen pernah ada yang bilang ibu gua gaul smsnya pake emote haha ibunya aja kalah sama ibu gua katanya soalnya ibunya ga bisa nulis sms. iya dong ibu gua gitu loooooohhhh :p
bukannya apa-apa yah, gua itu cewek, pulang pergi tiap hari. pulangnya sore tiap hari nyampe rumah paling awal tuh jam setengah 4an, kadang kalo jadwalnya sampe jam setengah 6, nyampe rumah jam 7 lebih. ibu gua khawatir sama gua, apalagi sekarang lagi maraknya kejahatan dalam angkutan umum yang terjadi di kota besar seperti jakarta.
gua sayang banget sama ibu, ibu itu satu-satunya orang tua gua. ibu itu sekaligus ayah gua. disini ada kutipan dari mana gua lupa sumbernya, kalo ga salah Abraham Lincoln



- ibuku pasti makan kayu api. dia selalu hangat seperti perapian.
- rumah ibuku pastilah lautan yang dalam. dia selalu menelan semua permasalahannya tanpa mengeluh.
- ibuku wanita berkuda putih.ketika kami mendaki gunung, atau menyebrangi sungai yang lebar, dia menjaga dan membimbing kami,
keluarganya, agar selalu dekat dengannya
- tetapi ibuku rupanya terserang amnesia. dia cepat melupakan masalah dan kepahitan, dan setiap hari,dia selalu ada
untuk kami, seperti gunung yang kokoh

kutipan-kutipan diatas bisa mewakili dari kepribadian ibu. sebenarnya ada hal yang ga bisa gua ceritain disini. ada hubungannya dengan keluarga. itulah mungkin kalian menganggap ini berlebihan
kemaren tanggal 15 desember ibu ulang tahun. gua nanya mau kado apa ke ibu. ibu jawabnya ga mau kado apa-apa. ibu cuma pengen sembuh aja. gua sedih sih, sebelumnya, semenjak ibu kecelakaan, otomatis ibu ga pernah ke luar rumah, cemilan atau makanan dan minuman pun ibu ga bisa beli. akhirnya setiap gua pulang sekolah sampe sekarang kuliah, gua suka beli makanan buat ibu di rumah, nggak tiap hari sih, lagian itu duit, duit ibu juga. dan sekarang entah kenapa ya? tiap gua mau makan atau beli apapun makanan dan minuman di luar rumah entah di kampus atau di jalan, pasti gua suka kepikiran "ibu udah makan apa belum ya di rumah?" dan ga jarang gua suka bawa makanan yang gua beli buat ibu juga. kebiasaan itu adalah kebiasaan ibu juga dulu, beliau suka inget sama anak-anaknya kalau beliau lagi makan di luar pasti ngebungkusin buat anak-anaknya di rumah, atau kalau nggak dimakan disana pasti dibawa pulang buat anak-anaknya. sekarang giliran gua yang begitu sama ibu. pokoknya prioritas gua sekarang tuh gimana cara buat ngebahagiain ibu.
wallpaper hape gua pun pake foto ibu yang di atas sebelum kecelakaan. :(

gua ga rela kalo ibu gua nangis gara-gara ulah kedua orang munafik. yah kakak dan bibi gua.
gua cuma punya ibu gua di dunia ini.

HAPPY MOTHER'S DAY. buat gua ngucapin rasa sayang kita atau ngasih sesuatu ke ibu kita jangan cuma di hari ibu aja, sebab ibu kita saja tak pernah melihat hari untuk memberikan kasih sayangnya kepada kita :) ya, any time!

No comments:

Post a Comment